Begini Cara Registrasi Mahasiswa Baru di ITTelkom Jakarta
Buat kalian para mahasiswa baru ITTelkom Jakarta yang kebingungan bagaimana sih cara registrasi untuk mahasiswa baru, bisa cek informasi berikut ini dan ikuti langkah-langkahnya ya!
- Buka website https://igracias.ittelkom-jkt.ac.id/ dan pilih menu admission (disarankan menggunakan browser Google Chrome di Komputer atau Laptop).
2. Pilih login admission lalu login menggunakan username dan password yang sama dengan PMB online, kemudian klik menu login.
3. Masuk ke halaman Beranda dan upload Surat Pernyataan Keuangan dengan cara klik tombol Choose File — cari dan pilih file yang akan di-upload — setelah itu Klik tombol Upload.
Template surat pernyataan keuangan dapat di download pada link berikut https://akademik.ittelkom-jkt.ac.id/wp-content/uploads/2021/08/Pernyataan-Keuangan-ITTJ.pdf
4. Masuk ke halaman Mengisi Data Peserta dan mengisi data sesuai dokumen resmi.
Mengisi data sesuai dokumen resmi seperti KTP, Kartu Keluarga atau Ijazah Terakhir terutama Nama Lengkap, Tempat Lahir dan Tanggal lahir.
Pada bagian 1. Data Pribadi WAJIB diisi semua.
- Khusus data Kartu Lisensi Mengemudi,Telepon Rumah, Email tambahan, Jejaring Sosial, Nomor Bank dan Nomor Rekening bersifat opsional atau tidak wajib diisi.
- Pengisian Alamat Asal dan Alamat Domisili WAJIB dituliskan dengan Kecamatan dan Kelurahan.
- Nama Lengkap, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir WAJIB diisi sesuai dengan dokumen resmi seperti KTP/Kartu Keluarga/Ijazah pendidikan terakhir.
- Jika belum punya KTP, Nomor KTP diisi dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) Anda yang ada di Kartu Keluarga.
Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
Pada bagian 2. Riwayat Pendidikan, isi sesuai riwayat pendidikan Anda. Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
Pada bagian 3. Data Keluarga, isi sesuai data keluarga Anda.
- Bagian Wali WAJIB diisi, jika Anda tinggal bersama Wali.
- Data saudara adalah pengisian data Kakak atau Adik Anda, Anda dapat mengisinya dengan mengklik tombol Tambah data saudara.
Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
Pada bagian 4. Data Tambahan, isi ukuran Almameter, Kegemaran, Kegiatan Organisasi dan Prestasi.
- Pilih ukuran almamater sesuai dengan ukuran Anda.
- Bagian Kegemaran, Organisasi dan Prestasi bersifat opsional.
- Jika kegemaran Anda lebih dari satu, isikan kegemaran kedua di kolom baru dengan mengklik Tambah Kegemaran terlebih dahulu. Khusus bidang Olahraga dan Kesenian, isikan di masing-masing bidang.
- Jika Anda pernah menjabat dalam suatu Organisasi, bagian ini dapat diisi dengan mengklik tombol Tambah organisasi.
- Jika Anda pernah memiliki Prestasi dalam suatu kegiatan, bagian ini dapat diisi dengan mengklik tombol Tambah prestasi.
Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
Pada bagian 5. Kuesioner, isi sesuai riwayat kesehatan Anda. Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
Pada bagian 6. Unduh Data Lengkap, pastikan kembali bahwa setiap bagian telah terisi semua dengan baik dan benar. Jika masih ada data yang belum tepat, Anda masih dapat mengeditnya dengan menekan pada tab bagian yang perlu diperbaiki.
CATATAN: Untuk memperbaiki pengisian dapat mengklik di bagian Langkah-langkah atau di tab per Nomor (lihat gambar di atas, yang ditandai panah) .
Jika sudah terisi semua dengan benar, klik tombol Ya yang ada di samping pertanyaan “Apakah anda yakin mengakhiri proses registrasi?”.
PENTING: Jika Anda telah mengklik tombol Ya, Anda sudah tidak bisa mengedit data yang telah terisi.
5. Setelah data tersimpan akan terdapat link unduh resume data di sini dan unduh data kuesioner disini seperti tampilan berikut:
link unduh resume data di sini (FORMULIR DATA MAHASISWA) dan unduh data kuesioner disini (KUESIONER PEMERIKSAAN KESEHATAN). Buka kedua link tersebut. Print terlebih dahulu dalam bentuk PDF (Save As PDF di Chrome) kedua link tersebut.
Untuk Formulir Data Mahasiswa simpan dengan format nama Formulir-NomorPeserta-NamaAnda. Contoh: Formulir-1234567890-SantoGunawan.
Untuk Kuesioner Pemeriksaan Kesehatan simpan dengan format nama Kuesioner-NomorPeserta-NamaAnda. Contoh: Kuesioner-1234567890-SantoGunawan.
6. Sebelum masuk ke halaman Dokumen Peserta PMB, Anda WAJIB meng-upload Surat Pernyataan Keuangan terlebih dahulu di halaman Beranda agar dapat mengakses halaman ini.
- Upload setiap dokumen yang diminta di bagian Upload File.
- Pilih dulu nama dokumen di bagian Jenis Dokumen
- Pada bagian Upload File klik tombol Choose File kemudian cari dan pilih dokumen yang akan di-upload — klik tombol Upload.
- Pastikan bahwa seluruh dokumen yang bersifat WAJIB telah ter-upload dan telah tercentang hijau pada bagian Status Upload Dokumen.
Daftar dokumen yang akan di-upload:
- Surat Konfirmasi Kesediaan Studi dan Pembiayaan bermaterai 10000 dan telah ditandatangani.
Template:http://akademik.ittelkom-jkt.ac.id/wp-content/uploads/2021/08/STUDI-PEMBIAYAAN-ITTJ.pdf
- Dokumen Pakta Integritas Download disini bermaterai 10000 dan telah ditandatangani.
Template:http://akademik.ittelkom-jkt.ac.id/wp-content/uploads/2021/08/PAKTA-INTEGRITAS-ITTJ.pdf
- Scan/foto Ijazah SMA/SMK/MA Asli untuk mahasiswa Reguler
- Scan/foto Ijazah D3 & Transkrip untuk mahasiswa Ekstensi/Alih Jenjang
- Scan/foto Ijazah SMA/SMK/MA Asli dan Transkrip Nilai/Kartu Hasil Studi seluruh semester yang pernah ditempuh untuk mahasiswa Pindahan
- Scan/foto Akte Kelahiran Asli
- Scan/foto KTP/PASPOR/SIM/Kartu Pelajar Asli
- Scan/foto Kartu Keluarga Asli
- Scan/foto Bukti Pembayaran Biaya Pendidikan Asli
- Pas Foto (Latar belakang merah, menggunakan kemeja putih, posisi menghadap ke depan, pasfoto 80% wajah. Ukuran file foto 100-200 KB, resolusi minimal 300dpi.)
- Scan/foto Surat Keterangan Kelakuan Baik (Opsional)
- Scan/foto Surat Keterangan Sehat dari dokter Asli (Wajib)
- Dokumen Pernyataan Konfirmasi Kesediaan Pembinaan Penerima Beasiswa bermaterai 10000 dan telah ditandatangani (WAJIB untuk Mahasiswa Beasiswa)
Template:http://akademik.ittelkom-jkt.ac.id/wp-content/uploads/2021/08/SURAT-PERNYATAAN-BEASISWA-ITTJ.pdf
PENTING: Dokumen dalam format JPEG/JPG dalam resolusi 150 dpi (wajib dapat terbaca dengan baik ketika diperbesar maksimal) dan ukuran file maksimal 500 KB. Ketentuan Pas Foto berlatar belakang merah, menggunakan kemeja putih, posisi menghadap ke depan, pasfoto 80% wajah, dengan ukuran file 100-200 KB dan format JPEG/JPG, resolusi minimal 300 dpi.
7. Jika sudah Mengisi Data Peserta dan melengkapi/meng-upload semua persyaratan dokumen upload terlebih dahulu di halaman Dokumen Peserta PMB, Anda bisa masuk ke halaman Berita Acara. Jika belum maka tampilan halaman Berita Acara akan seperti ini:
Jika pada halaman Mengisi Data Peserta telah terisi lengkap dan halaman Dokumen Peserta PMB telah meng-upload seluruh dokumen, maka halaman Berita Acara bisa melakukan pencetakan. Print halaman Berita Acara Upload Berkas dalam bentuk PDF (Save As PDF di Chrome).
Untuk Berita Acara Upload Berkas simpan dengan format nama Berita-Acara-NomorPeserta-NamaAnda.
Contoh: Berita-Acara-1234567890-SantoGunawan.
8. Kirim melalui email untuk dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Registrasi Online.
Dikarenakan untuk saat ini registrasi on-site ditiadakan, dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Registrasi Online ini dapat dikirim melalui e-mail ke [email protected]
Tiga dokumen yang WAJIB dilampirkan yaitu
- Formulir Data Mahasiswa
- Kuesioner Pemeriksaan Kesehatan yang dihasilkan di halaman Mengisi Data Peserta
- Dokumen Berita Acara Upload Berkas di halaman Berita Acara.
Subjek: Dokumen iGracias Admission – Nomor Peserta Anda – Nama Anda
9. Simpan ya untuk dokumen-dokumen yang sudah diupload.
Dokumen-dokumen tersebut WAJIB diserahkan ke bagian Akademik, jika perkuliahan telah dimungkinkan untuk tatap muka.
Dokumen-dokumen yang wajib diserahkan antara lain adalah:
- Ijazah SMA/SMK/MA/D3 (legalisir)
- Akta kelahiran (fotokopi)
- KTP/PASPOR/SIM/Kartu Pelajar (fotokopi)
- Bukti Pembayaran Biaya Pendidikan (fotokopi)
- Pakta Integritas Studi (Asli)
- Pernyataan konfirmasi Kesediaan Studi dan Pembiayaan (Asli)
- Surat Keterangan Sehat dari dokter (Asli)
- Surat Keterangan Kelakuan Baik (Asli, opsional)
- Form Kesediaan Pembinaan (Asli & Wajib bagi penerima beasiswa)
- Transkrip Akademik (legalisir & Wajib bagi alih jenjang D3 ke S1 )
- Transkrip Nilai /Kartu Hasil Studi seluruh semester yang ditempuh (Wajib bagi mahasiswa pindahan )
Bagaimana sudah jelas kan untuk langkah-langkah cara registrasi mahasiswa baru diatas? Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat..
https://ittelkom-jkt.ac.id
https://pmb.ittelkom-jkt.ac.id
https://dti.ittelkom-jkt.ac.id
Credit to : Villa M.