Digital Forensik dan Macamnya

digital-forensik-1
digital-forensik-3

Digital Forensik merupakan bagian dari ilmu forensik yang melingkupi penemuan dan investigasi (data) yang ditemukan pada perangkat digital (komputer, handphone, tablet, PDA, networking devices, storage, dan sejenisnya). Digital Forensik dapat dibagi lebih jauh lagi menjadi forensik yang terkait dengan komputer (host, server), jaringan (network), aplikasi (termasuk database), dan perangkat (digital devices). Masing-masing memiliki pendalamannya tersendiri.

Pada artikel kali ini, mari kita ulas pembagian Digital Forensik ini bareng-bareng ya…

Forensik Komputer

Pada Digital forensik Komputer, fokus penyidikan terkait dengan data yang berada atau terkait dengan komputer itu sendiri. Layanan yang disediakan oleh komputer atau server biasanya tercatat dalam berbagai berkas log. Sebagai contoh, users yang gagal masuk karena salah memasukkan password akan tercatat. Bisa jadi ini merupakan bagian dari upaya untuk melakukan penerobosan akses dengan cara brute force password cracking. Di sisi desktop, users memasukkan flashdisk ke port USB juga tercatat. 

Forensik Komputer ini bergantung kepada sistem operasi yang digunakan. Sebagai contoh, kebanyakan users komputer desktop menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Oleh sebab itu, diperlukan kemampuan untuk melakukan forensik pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows (Carvey, 2005). Sistem operasi yang lain meletakkan data di berkas yang berbeda dengan format yang berbeda. Sebagai contoh di sistem UNIX catatan tersedia pada layanan Syslog, sementara itu di sistem Microsoft Windows catatan dapat dilihat dengan Event Viewer. Berbagai tools forensik tersedia untuk membantu penyidik dalam mengumpulkan data yang terkait dengan sistem operasi yang digunakan.

Forensik Jaringan

Forensik Jaringan memfokuskan kepada data yang diperoleh berdasarkan pengamatan di jaringan. Sebagai contoh, kita dapat mengamati traffic ke server-server yang diakses oleh seorang user, yang diduga melakukan penerobosan ke server. Bisa jadi server-server tersebut merupakan target penyerangan dari users. Berbagai perangkat untuk melakukan penyadapan jaringan dapat digunakan untuk memantau kejadian ini.

digital-forensik-4

Forensik Aplikasi 

Ini merupakan forensik terkait dengan penggunaan aplikasi tertentu. Aplikasi memiliki fitur untuk meninggalkan jejak sebagai bagian dari fungsi audit. Ada kewajiban bagi aplikasi untuk mencatat berbagai akses sebagai bagian dari fungsi audit ini. Sebagai contoh, penggunaan e-mail dapat ditelusuri dengan adanya catatan jejak di header dari e-mail. Kejadian yang terkait dengan e-mail palsu atau “e-mail kaleng” dapat ditelusuri sumbernya dengan menelusuri header dari e-mail. 

Seringkali kegiatan forensik dilakukan terhadap komputer atau laptop yang digunakan oleh users. Berbagai dokumen dan aplikasi pada komputer tersebut dapat memberi informasi yang bermanfaat untuk forensik. Sebagai contoh, sejarah browsing dari pengguna dapat ditampilkan dan dikorelasikan dengan kejadian yang terkait dengan server atau transaksi palsu. Hal ini juga terkait dengan forensik komputer. Terkait dengan aplikasi adalah penggunaan database. Sebagian besar aplikasi saat ini terhubung dengan database.

Akses terhadap database ini juga tercatat sehingga jika terjadi masalah seperti fraud maka jejak-jejak yang tertinggal di catatan (log) database dapat digunakan untuk forensik. Perangkat non-komputer sekarang lebih banyak digunakan untuk mengakses data (misalnya mengakses internet) dan berkomunikasi (chat). Handphone dan tablet saat ini bahkan lebih populer daripada komputer dan laptop.

Forensik Perangkat

Digital forensik terhadap perangkat dilakukan untuk mengumpulkan data dan bukti atas kegiatan tertentu. Dikarenakan banyaknya jenis perangkat digital, forensik terhadap perangkat cukup sulit dilakukan.

digital-forensik-6

Nah itu tadi merupakan beberapa macam digital forensik yaaa… yukk ikuti terus keseruan membaca artikel dan informasi lainnya di:

https://dti.ittelkom-jkt.ac.id/

atau di web IT Telkom Jakarta lainnya:

 

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

Biometric Payment Tecnology

Tiga Inovasi Dalam Metode Pembayaran Via Biometric Biometric Payment Tecnology – Sektor jasa pembayaran saat ini sedang menjadi sasaran inovasi digital. Beberapa perusahaan berusaha untuk memberikan

Read More »

Cloud Computing System

Ketahui Bagaimana Cloud Computing Bekerja pada aplikasi “GoJek” GoJek merupakan layanan dimana kita sekarang dapat memesan jasa ojek secara online. Layanan ini memberikan banyak kemudahan, terutama

Read More »

Apa Itu Autentikasi?

Apa itu autentikasi? Secara umum autentikasi merupakan teknologi yang paling sering dipermasalahkan pada perangkat Android. Autentikasi seringkali disebut sebagai validasi data pengguna ketika ingin memasuki sistem tertentu. Dapat

Read More »

Memahami Apa Itu Phising

Modus Penipuan Siber Kurir Kirim Foto Paket Modus penipuan baru dengan berpura-pura menjadi kurir paket untuk mengelabui korban saat ini viral di sosial media dengan tujuan mencuri

Read More »

Digital Forensik dan Macamnya

Digital Forensik merupakan bagian dari ilmu forensik yang melingkupi penemuan dan investigasi (data) yang ditemukan pada perangkat digital (komputer, handphone, tablet, PDA, networking devices, storage, dan

Read More »

Layanan Google Apps

Mengenal Google Apps (Layanan Cloud di Bidang Pendidikan) Layanan Google Apps tidak lepas dari kepopuleran penggunaan gadget dan teknologi. Hal itu memberikan ruang yang sangat besar

Read More »

No Comments on Digital Forensik dan Macamnya

Leave A Comment