wifi-publik-ittelkom-jakarta

Jangan Sembarang Gunakan Wifi Publik! Ketahui Tipsnya di sini.

Di era yang semakin canggih saat ini membuat kita harus berhati-hati dengan beragam kemudahan yang diberikan, salah satunya ketika mendapat fasilitas wifi publik di suatu tempat seperti café, restoran dan hotel. Ini karena sejumlah data pribadi seperti layanan perbankan, foto dan hal privasi lainnya mudah dicuri oleh hacker. Lalu bagaimana cara melindunginya? Mari temukan sejumlah tips menggunakan wifi publik di sini.

Apa itu Wifi Publik?

Merupakan fasilitas wifi yang diberikan untuk dapat menikmati internet secara gratis sehingga tidak perlu menggunakan data pribadi. Namun jangan gunakan untuk aktivitas mobil banking atau e-wallet (Dana, Shopeepay, LinkAja, Gopay). Agar lebih aman, gunakan wifi publik yang membutuhkan password dan hanya digunakan untuk membuka google, baca berita atau komik.

wifi-publik-ittelkom-jakarta

Tips Menggunakan Wifi Publik

Meski memiliki risiko, tidak menutup kemungkinan situasi mendesak menghampiri sehingga membutuhkan akses internet. Agar sejumlah data privasi tidak dicuri, ada beberapa tips yang direkomendasikan oleh para pakar keamanan siber. Berikut tipsnya:

1.  Pastikan Terenkripsi HTTPS

Tips pertama, pastikan situs yang kamu kunjungi terenkripsi HTTPS, biasanya informasi ini terdapat pada address bar URL atau temukan tanda gembok keamanannya. Situs yang terekripsi HTTPS menandakan telah memiliki sertifikat digital yang valid hingga ke titik enkripsi SSL / TLS sehingga dapat meminimalisir Man-in-the-Middle Attack (MITM).

2.  Gunakan Enkripsi Kata Sandi

Menggunakan enkripsi kata sandi merupakan bentuk keamanan tambahan sehingga data pribadi bisa terjaga kerahasiaannya. Bahkan banyak jenis keamanan tambahan yang dapat kamu gunakan seperti Tor, DoNotTrack dan VPN. Hal ini akan berguna untuk membuat jaringan terenkripsi pada situs web yang tidak terenkripsi secara default.

3.  Coba Aktifkan Antivirus dan Firewall

Ketika menggunakan wifi publik jangan lupa aktifkan fitur firewall dan antivirus. Firewall merupakan sistem keamanan untuk mengamankan jaringan dengan memonitor jaringan yang keluar maupun masuk. Untuk kamu pengguna windows, silahkan menuju Control Panel> System and Security> Firewall lalu aktifkan. Selain itu, kamu bisa mengaktifkan antivirus.

Melindungi data pribadi di ponsel maupun PC merupakan suatu keharusan untuk menghindari serangan hacker. Terlebih data mudah diretas dan tertransfer setiap kali kita menggunakan wifi publik secara terbuka. Sebelum kondisi buruk menimpa kamu, segera amankan data dari sekarang menggunakan tips yang kami rekomendasikan.

Semoga bermanfaat.

https://ittelkom-jkt.ac.id

https://pmb.ittelkom-jkt.ac.id

https://dti.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to : Naili.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

ta-pa-igracias-ittelkom-jakarta

Cara menggunakan aplikasi TA/PA Igracias

Begini caranya menggunakan aplikasi TA/PA Igracias Buat mahasiswa/i tingkat akhir yang sudah siap-siap untuk melakukan sidang, yuk cek dulu langkah-langkah penggunaan aplikasi TA/PA di Igracias. Langkah-langkahnya

Read More »
tips-memilih-hosting-ittelkom-jakarta

Tips Memilih Hosting Terbaik

Mau Buat Website? Ini Tips Memilih Hosting Terbaik Di era teknologi yang semakin canggih saat ini kamu bisa mendapat cuan dari mana saja, salah satunya melalui

Read More »
ta-pa-igracias-ittelkom-jakarta

Cara Registrasi Mahasiswa Lama

Sebelumnya sudah ada bahasan nih terkait registrasi bagi mahasiswa/i baru, nah kali ini akan membahas langkah-langkah registrasi bagi mahasiswa/i lama/eksisting yang masuk semester baru. Yuk cek

Read More »

No Comments on Jangan Sembarang Gunakan Wifi Publik! Ketahui Tipsnya di sini.

Leave A Comment