Pembagian Sektor IoT Pada Berbagai Sektor Kehidupan

contoh-internet-of-things-ittj

IoT atau internet of things merupakan konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari perkembangan teknologi berupa internet yang tersambung secara berkelanjutan atau terus menerus. IoT juga dibagi menjadi beberapa sektor. Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas pembagian sektor IoT dan segala serba serbi mengenainya.  

Pada dasarnya, IoT mengacu pada yang merepresentasikan secara unik sebagai virtual dalam struktur berbasis internet. Pada mulanya, istilah yang satu ini dikenalkan oleh Kevin Ashton pada awal tahun 1999 dan mulai terkenal melalui auto id center yang ada di MIT.  

Kini, IoT bahkan menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di suatu perguruan tinggi. Setelah tahu sedikit mengenai IoT, mari kita bahas mengenai pembagian sektor nya.  

Pembagian Sektor Internet Of Things 

Menurut Beecham Researches, sektor internet of things dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut yakni : 

1. Sektor pembangunan, sektor ini diatur dalam komersial atau kelembagaan. Sektor ini meliputi toko, supermarket, gedung perkantoran, industri, perumahan dan yang lainnya. Perangkat yang kemudian dapat dihubungkan untuk memberikan pelayanan kepada penggunanya.  

2. Sektor energi, sektor energi terbagi menjadi tiga segmen yakni alternatif (sumber energi baru), pasokan atau permintaan (pembangkit listrik, bahan bakar dan lainnya), serta minyak atau gas.  

3. Sektor rumah tangga, sektor ini tersusun oleh 3 segmen yakni infrastruktur, kesadaran dan keamanan serta hiburan atau kenyamanan.  

4. Sektor kesehatan, sektor yang satu ini meliputi telemedicine, rumah jompo, perawatan dengan pemantauan jarak jauh dan yang lainnya.  

5. Sektor industri, sektor yang satu ini mencakup pelacakan aset dan pemantauan yang melibatkan pemantauan diskrit aset untuk memastikan kinerja uptime, kontrol versi dan analisis lokasi di proses industri pabrik.  

6. Sektor transportasi sektor ini dibagi menjadi 3 segmen utama yakni kendaraan, non kendaraan serta sistem transportasi.  

7. Sektor perdagangan, sektor perdagangan yang meliputi sistem jaringan dan perangkat memungkinkan pengecer untuk melakukan peningkatan visibilitas rantai pasokan, konsumen, dan mengumpulkan informasi produk serta keperluan perdagangan yang lainnya. 

8. Sektor teknologi dan jaringan, sektor ini terbagi menjadi dua segmen yakni jaringan perusahaan dan jaringan publik.  

9. Sektor keamanan, sektor ini sangat luas dan terbagi menjadi lima segmen yakni layanan darurat, infrastruktur publik, pelacakan, peralatan, hingga pengawasan.  

Nah itulah pembagian sektor IoT yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!  

Untuk info selengkapnya silahkan kunjungi : 

https://ittelkom-jkt.ac.id

https://dti.ittelkom-jkt.ac.id

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

Biometric Payment Tecnology

Tiga Inovasi Dalam Metode Pembayaran Via Biometric Biometric Payment Tecnology – Sektor jasa pembayaran saat ini sedang menjadi sasaran inovasi digital. Beberapa perusahaan berusaha untuk memberikan

Read More »

Cloud Computing System

Ketahui Bagaimana Cloud Computing Bekerja pada aplikasi “GoJek” GoJek merupakan layanan dimana kita sekarang dapat memesan jasa ojek secara online. Layanan ini memberikan banyak kemudahan, terutama

Read More »

Apa Itu Autentikasi?

Apa itu autentikasi? Secara umum autentikasi merupakan teknologi yang paling sering dipermasalahkan pada perangkat Android. Autentikasi seringkali disebut sebagai validasi data pengguna ketika ingin memasuki sistem tertentu. Dapat

Read More »

Memahami Apa Itu Phising

Modus Penipuan Siber Kurir Kirim Foto Paket Modus penipuan baru dengan berpura-pura menjadi kurir paket untuk mengelabui korban saat ini viral di sosial media dengan tujuan mencuri

Read More »

Digital Forensik dan Macamnya

Digital Forensik merupakan bagian dari ilmu forensik yang melingkupi penemuan dan investigasi (data) yang ditemukan pada perangkat digital (komputer, handphone, tablet, PDA, networking devices, storage, dan

Read More »

Layanan Google Apps

Mengenal Google Apps (Layanan Cloud di Bidang Pendidikan) Layanan Google Apps tidak lepas dari kepopuleran penggunaan gadget dan teknologi. Hal itu memberikan ruang yang sangat besar

Read More »

No Comments on Pembagian Sektor IoT Pada Berbagai Sektor Kehidupan

Leave A Comment