ittelkom-jakarta-protokol-jaringan 3

Pentingnya Protokol Jaringan

Bagaimana pentingnya protokol jaringan??

Dalam melakukan komunikasi di dunia maya, kita harus bisa memahami satu sama lain. Sama halnya apabila kita ingin berkomunikasi untuk melakukan perdagangan, perjalanan dan perjanjian internasional. Maka diperlukan suatu aturan yang dapat “berbicara” satu sama lain yang disebut protokol.

Protokol adalah suatu sistem yang mengatur komunikasi dalam proses pertukaran data antara komputer dan jaringan. Sistem ini menentukan aturan-aturan yang perlu ditaati oleh perangkat pengirim dan juga penerima agar hubungan jaringan berjalan dengan baik. Protokol ini pada awal kemunculannya hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa node saja namun semakin berkembangnya internet di seluruh dunia, munculah beberapa jenis protokol berbeda. Tetapi banyak jenis protokol yang menimbulkan masalah karena adanya ketidakcocokan dari jenis protokol yang satu dengan yang lainnya. Maka terdapat standarisasi protokol yang disebut Open System Interconnection (OSI). Model OSI berperan sebagai konsep dasar dan preferensi teori cara protokol bekerja, maka untuk saat ini TCP/IP pun yang diterima secara umum dan yang sering digunakan karena pemakaiannya semakin berkembang.

ittelkom-jakarta-protokol-jaringan 4

Selain dapat menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi agar hubungan jaringan berjalan dengan baik, terdapat fungsi lain dari protokol adalah sebagai berikut:

  1. Connection control: membangun hubungan komunikasi dari transmitterke receiver untuk mengirim data dan mengakhiri hubungan komunikasi.
  2. Flow Control: mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver satu persatu untuk membantu membatasi jumlah data yang terkirim. Flow control juga menentukan proses transfer informasi antara pengirim dan penerima serta mengaktifkan dan menonaktifkan transmisi informasi.
  3. Reassembly: proses dimana pihak penerima mengembalikan kembali paket-paket data menjadi satu paket yang lengkap saat tiba di jaringan penerima.
  4. Transmission service: memberi pelayanan komunikasi data seputar prioritas dan keamanan data.
  5. Timeouts: membantu jaringan untuk memberikan batasan umur dari paket dan juga mencegah jaringan mengalami overload karena paket yang rusak.
ittelkom-jakarta-protokol-jaringan 2

Protokol jaringan dapat diterapkan pada jaringan perangkat lunak (software) dan juga perangkat keras (hardware). Terdapat beberapa jenis protokol jaringan yang bisa diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau keduanya. Beberapa jenis protokol adalah sebagai berikut:

  • File Transfer Protocol (FTP)

FTP digunakan untuk mentransfer file antara klien dan server di jaringan. Ini sering digunakan untuk mengunggah dan mengunduh file ke dan dari server web.

  • Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

HTTP merupakan jenis protokol yang digunakan World Wide Web (WWW) sebagai identitas dalam jaringan internet untuk mengakses situs atau website.

  • Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS)

HTTPS merupakan jenis protokol aman dari HTPP yang dapat mengotentikasi situs web yang dikunjungi dan melindungi privasi data apapun yang diantara pengguna dan situs web.

  • Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)

TCP/IP merupakan jenis standar protokol yang dipakai oleh komunitas secara global terdiri dari seperangkat aturan untuk menghubungkan perangkat di internet. Protokol ini menentukan bagaimana data diformat dan dirutekan melalui jaringan.

  • Ethernet

Ethernet merupakan jenis protokol yang menggunakan suatu metode akses berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).

  • Fiber Distributed Data Interface (FDDI)

FDDI merupakan jaringan protokol yang dipakai untuk menyambungkan beberapa komputer dengan tipe area lokal yang meliputi wilayah jarak jauh. Metode yang digunakan adalah dengan token dan topologi ring kembar.

  • Internet Control Message Protocol (ICMP)

ICMP merupakan jenis protokol yang digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim sebuah pesan kesalahan pada jaringan yang digunakan.

Setelah mengetahui apa itu Protokol, jadi tahu kan bagaimana pentingnya protokol jaringan?

Semoga bermanfaat..

https://ittelkom-jkt.ac.id

https://pmb.ittelkom-jkt.ac.id

https://dti.ittelkom-jkt.ac.id

 

Credit to : Villa M.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

ta-pa-igracias-ittelkom-jakarta

Cara menggunakan aplikasi TA/PA Igracias

Begini caranya menggunakan aplikasi TA/PA Igracias Buat mahasiswa/i tingkat akhir yang sudah siap-siap untuk melakukan sidang, yuk cek dulu langkah-langkah penggunaan aplikasi TA/PA di Igracias. Langkah-langkahnya

Read More »
tips-memilih-hosting-ittelkom-jakarta

Tips Memilih Hosting Terbaik

Mau Buat Website? Ini Tips Memilih Hosting Terbaik Di era teknologi yang semakin canggih saat ini kamu bisa mendapat cuan dari mana saja, salah satunya melalui

Read More »
ta-pa-igracias-ittelkom-jakarta

Cara Registrasi Mahasiswa Lama

Sebelumnya sudah ada bahasan nih terkait registrasi bagi mahasiswa/i baru, nah kali ini akan membahas langkah-langkah registrasi bagi mahasiswa/i lama/eksisting yang masuk semester baru. Yuk cek

Read More »

No Comments on Pentingnya Protokol Jaringan

Leave A Comment