set-top-box-ittelkom-jakarta

Set Top Box: Solusi Beralih ke Siaran Digital

Apa itu set top box? Mari cari tahu informasi melalui ulasan berikut ini.

Mulai tanggal 30 April 2022, siaran TV Analog akan diberhentikan oleh kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan digantikan oleh siaran TV Digital. Untuk dapat beralih menggunakan siaran TV Digital, para pengguna TV Analog bisa menggunakan perangkat tambahan yaitu set top box.

Apa itu Set Top Box?

Set top box merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu TV Analog mendapatkan siaran TV Digital. Dengan perangkat ini, siaran TV Digital akan diolah dan dikeluarkan melalui gambar dan suara ke dalam TV Analog. Jadi kamu bisa menikmati siaran TV digital di TV Analog yang dimiliki.

Cara Memasang Set Top Box

Dalam satu paket perangkat biasanya sudah tersedia beragam kelengkapan seperti remote, kabel AV dan unit set top box. Apabila kelengkapan ini sudah tersedia maka langkah selanjutnya adalah memasangnya. Pemasangan perangkat ini dapat dilakukan dengan mudah, berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

1.  Pasang Antena TV

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dan memasang antena TV, baik antena yang dipasang di luar ruangan maupun yang dipasang di dalam ruangan. Apabila antena sudah terpasang dengan benar maka pasangkan kabel antena TV ke bagian belakang set top box.

2.  Pasang kabel AV atau HDMI

Setelah antena terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasang kabel HDMI atau kabel AV. Apabila kamu belum memiliki kabel HDMI maka bisa menggunakan kabel AV. Kabel AV biasanya sudah ada di dalam kelengkapan set top box. Sambungkan kabel AV ke TV dan STB sesuai warnanya.

3.  Nyalakan Set Top Box dan TV

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyalakan set top box dan TV menggunakan remote control yang tersedia. Kamu juga perlu mengatur saluran TV dan radio digital dengan cara memilih menu cari saluran otomatis. Nantinya, hasil pemindaian tersebut akan muncul secara otomatis di layar televisi.

Siaran TV digital yang ditawarkan oleh pemerintah merupakan salah satu kemajuan teknologi yang menawarkan berbagai manfaat bagi para penggunanya. Selain menghadirkan kualitas gambar yang lebih jernih, kemudahan untuk mendapatkan siarannya pun tidak sulit untuk dipelajari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://pmb.ittelkom-jkt.ac.id
https://dti.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to : Naili.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

ta-pa-igracias-ittelkom-jakarta

Cara menggunakan aplikasi TA/PA Igracias

Begini caranya menggunakan aplikasi TA/PA Igracias Buat mahasiswa/i tingkat akhir yang sudah siap-siap untuk melakukan sidang, yuk cek dulu langkah-langkah penggunaan aplikasi TA/PA di Igracias. Langkah-langkahnya

Read More »
tips-memilih-hosting-ittelkom-jakarta

Tips Memilih Hosting Terbaik

Mau Buat Website? Ini Tips Memilih Hosting Terbaik Di era teknologi yang semakin canggih saat ini kamu bisa mendapat cuan dari mana saja, salah satunya melalui

Read More »
ta-pa-igracias-ittelkom-jakarta

Cara Registrasi Mahasiswa Lama

Sebelumnya sudah ada bahasan nih terkait registrasi bagi mahasiswa/i baru, nah kali ini akan membahas langkah-langkah registrasi bagi mahasiswa/i lama/eksisting yang masuk semester baru. Yuk cek

Read More »

No Comments on Set Top Box: Solusi Beralih ke Siaran Digital

Leave A Comment